Tanaman Pohon Palem

A. SEJARAH SINGKAT

Palem ialah tanaman hias yang berbentuk kosmopolitan, keberadaannya diketemukan di daerah tropis serta subtropis, di dataran rendah serta tinggi, di pegunungan serta di pantai, di tanah yang subur serta gersang.

B. JENIS TANAMAN

Klasifikasi botani tanaman palem ialah seperti berikut:

Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Keluarga : Aracaceae (Palmaceae)
Genus : Archontophoenix,Mascarena, Cyrtostachys, Roystonea
Spesies : Ravenea sp. (palem putri); Mascarena lagenicaulis atau Hyophorbe lagenicaulis (palem botol), Cyrtostachys lakka (palem merah) Roystonea sp. (palem raja)

Image result for macam pohon palem putri

Palem Putri, selintas memiliki bentuk seperti palem raja, daun yang lebih lebar serta warna lebih hijau. Tanaman datang dari Madagaskar, banyak digunakan menjadi penghias tepi jalan atau tanaman pot. Nama latinnya ialah Veitchia Merrilli. Akan tetapi kita seringkali mengatakan dengan nama Palem Putri. Type palem ini dapat juga jadi pilihan tanaman untuk taman rumah. Palem type ini begitu baik ditanam di daerah tropis seperti di Indonesia. Palem ini pula memiliki buah seperti buah melinjo serta seringkali pun dimaksud dengan Christmas Palm sebab buahnya yang cemerlang seperti lampu natal. Bila ingin menanam type palem putri, semestinya pilih yang ketinggiannya tidak lebih dari 4 mtr. sebab palem ini bagus bila ditanam tidaklah terlalu tinggi.

Image result for macam pohon palem botol
Palem Botol, batang bawahnya menggelembung serta batang atas menyempit hingga serupa bentuk botol. Perkembangan lamban, judulnya sempit hingga tidak membutuhkan tempat yang luas.
Palem Merah, dimaksud sebagai pinang merah serta adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh di rimba rawa dataran rendah sampai 500 m dpl. Kelebihannya terdapat pada pelepah serta tulang daun yang merah menyala. Untuk menjaga warna merah, palem ini ditanam dalam tempat yang terik.

Image result for macam pohon palem raja
Palem Raja, diketahui dengan Royal Palm sebab memiliki bentuk yang menarik dengan batang yang kuat, daun yang hijau serta fresh. Pelepah yang rontok akan tinggalkan sisa lingkaran atau garis berwarna abu-abu putih. Tinggi tanaman sampai 25- 30 m. Type yang banyak ditanam ialah palem raja Kuba. Spesies palem raja yang diketahui ialah Roystonea regia, R. buringuena serta R. elata.
Palem Kuning. Nama latinnya ialah Chrysalidocarpus Lutescens. Type palem ini yang umum ditanam di taman rumah, Akan tetapi, palem ini dapat juga ditanam di pot. Dia tumbuh pada 1 mtr. sampai 6 mtr. dengan batang pada 1 sampai 5 bahkan juga lebih. Warna helai daunnya hijau jelas, serta dikit condong kekuningan-kuningan. Daun type palem ini mempunyai pelepah daun yang cukuplah panjang serta menutupi batang yang beruas-ruas. Jumlahnya anak daun seputar 80 sampai 100 lembar. Mayangnya bisa sampai 1m dengan bunga berwarna kuning. Buah berdiameter sampai 2,5m serta berwarna kuning sampai ungu.

Image result for macam pohon palem mini
Palem Mini. Nama latinnya ialah Cocos Nucifera. Seringkali dimaksud dengan pohon Kelapa. Sangat type ini benar-benar sangat familiar serta bias tumbuh dimana-mana. Palem ini memiliki tinggi lebih dari 12 mtr. dengan daun sampai 4-6 mtr.. Diantara faedah lainnya dari pohon ini ialah: Batangnya bisa dipakai menjadi kolom penyangga serta buahnya tentunya begitu bermanfaat. Pohon Kelapa semakin bagus bila ditanam di hamparan rumput yang luas, meskipun juga bisa ditempatkan di pojok ruang taman.

Bismarckia Nobilis ialah salah satunya keluarga palem serta seringkali dimaksud dengan Palem Bismarckia. Palem ini dapat disebutkan menjadi tanaman ornamental, sebab memiliki bentuk yang tidaklah terlalu tinggi serta cabang yang panjang dan daun yang melebar. Lebih pas ditempatkan dalam satu ruang yang memerlukan penekanan pada desainnya.
African Oil Palm, itu nama type palem ini. Palem African Oil Palm bisa membuahkan minyak dari buahnya. Mungkin telinga kita lebih familiar dengan nama Kelapa Sawit. Memiliki bentuk cabang yang panjang, besar, serta dengan ketinggian sampai 20 mtr. dapat jadikan pilihan vegetasi untuk taman rumah. Umurnya sangat panjang serta dapat sampai 20 tahun. Palem ini dapat ditempatkan pada ruang penerima menjadi poin of interest.
Dengan nama latin Livistona Rotundifolia, palem ini seringkali dimaksud dengan Palem Sadeng. Memiliki bentuk tinggi menjulang seperti pohon Kelapa, akan tetapi yang memperbedakan ialah cabangnya yang unik. Pun garis-garis hitam pada batang karena lepasnya cabang yang telah tua, memberikan ketidaksamaan dari palem yang lain. Palem ini dapat jadi pilihan pemberi tanda ruang privat pada rumah kita dengan tetangga.
Palem ini awal mulanya bernama Ptychosperma Bleeseri. Seperti dalam Chrysalidocarpus lutescens, Ptychosperma Macarthurii sangat umum ditanam di taman rumah. Palem Kuning serta Palem Macarthurii dapat memiliki cabang lebih dari satu. Sebaiknya bila palem ditanam dengan bergerombol, meskipun tidak tutup peluang ditanam dengan berjajar. Jual Pohon Palem

C. MANFAAT TANAMAN

Tanaman hias dari keluarga Araceceae (Palmae) dikatakan sebagai Golongan Bangsawan dari Kerajaan Tanaman. Tanaman palem diatas ialah tanaman di luar rumah (outdoor plant) yang digunakan menjadi penghias jalan (palem putri, raja, terkadang botol) atau menjadi tanaman hias di halaman rumah (palem merah serta botol).

D. SYARAT PERTUMBUHAN

1. Iklim

Tanaman palem ialah tanaman tropis serta subtropis hingga saat pertumbuhannya dibutuhkan penyinaran matahari penuh. Pada saat perkecambahan serta pembibitan semestinya janganlah terserang cahaya matahari yang langsung. Suhu hawa yang dibutuhkan ialah 25-33 derajat C, serta masih tetap tumbuh baik di luar rata-rata suhu hawa tropis itu.

2. Alat Tanam

Tanah mesti memiliki kandungan pasir. Diluar itu akar tanaman ini tidak suka pada genangan air.

3. Ketinggian Tempat

Tanaman ini bisa tumbuh dari mulai daratan rendah sampai ke daratan tinggi.

E. PENANAMAN

1. Tehnik Penanaman

Penetapan Skema Tanam : Skema tanam palem botol serta merah umumnya ditanam dengan perorangan jadi jarak tanam tidak jadi permasalahan. Tidak hanya ditanam di halaman dengan individu, palem putri serta raja seringkali digunakan menjadi pohon penghias bagian jalan . Jarak tanam untuk ke-2 palem itu pada 2,5-3 m.
Pembuatan Lubang Tanam : Lubang tanam disediakan 2 minggu sebelum tanam. Buat lubang tanam 30 x 30 x 30 cm untuk tanah berpasir serta 50 x 50 x 50 cm untuk tanah liat. Bila tanaman yang akan ditanam telah besar, lubang tanam sesuai dengan luasnya perakaran
Langkah Penanaman : Masukan tanaman ke lubang tanam serta timbun akar sampai pangkal batang dengan bekas tanah. Padatkan tanah di seputar batang
2. Pemeliharaan Tanaman

Pemupukan : Dosis pemupukan bergantung usia tanaman. Pemupukan anorganik: palem putri serta raja yang sudah memiliki ukuran 3 m membutuhkan 3-5 kg NPK. Palem memiliki ukuran 2-3 m membutuhkan 1-2 kg NPK serta palem kecil memiliki ukuran kurang dari 2 m membutuhkan 0,5-1 kg NPK. Pemupukan organik: palem putri serta raja yang sudah memiliki ukuran 3 m membutuhkan 5-15 kg pupuk kandang. Palem memiliki ukuran 2-3 m membutuhkan 2,5-5 kg serta palem kecil memiliki ukuran kurang dari 2 m membutuhkan 1-2,5 kg. Frekwensi pemupukan anorganik 2-3 kali satu tahun serta organik 2-4 kali satu tahun.
Pengairan serta Penyiraman : Penyiraman dikerjakan sesuai dengan keperluan serta bergantung cuaca.

Comments